Selasa, 19 Januari 2010

Trik makan telur

Anda sangat menyukai telur tapi sering ragu untuk mengkonsumsinya karena takut kolesterol bakal naik? Pada kenyataannya, telur memang salah salah satu sumber kolesterol yang cukup tinggi. Sebutir telur ukuran sedang kira-kira mengandung 210 mg kolesterol, atau dua pertiga dari batas asupan perhari. Wow!
Lalu apa yang bisa dilakukan agar kita tetap bisa mengonsumsi telur tanpa harus khawatir dengan kadar kolesterol? Beberapa trik berikut ini mungkin berguna bagi anda para penggemar telur, seperti dikutip dari situs gayahidupsehat.com:
1. Jika makan satu butir telur besar, batasi jumlah kolesterol dari makanan lainnya sampai sekitar 90 mg per hari.
2. Pilih makaan turunan susu yang berbahan rendah atau bebas lemak. Begitu juga dengan daging, pilih kandungan lemaknya sedikit.
3. Buat setidaknya satu jenis makanan vegetarian. Pasalnya, hanya makanan yang berasal dari hewan yang mengandung kolesterol. Makanan nabati mempunyai kolesterol nol.
4. Pilih daging rendah lemak, itupun tidak lebih dari tumpukan kartu remi sekitar 85 gram.
5. Beralihlah ke telur ukuran sedang, maka anda menghemat kelebihan 25 mg kolesterol.


Jadi, pada intinya potongan asupan kolesterol dengan cara mengurangi ukuran telur, dan mengombinasikannya dengan sumber nutrisi lain yang berfungsi sebagai penagkal kolesterol darah. Dengan beberapa trik itu, kolesterol anda niscaya tidak akan melebihi kebutuhan harian, 300 mg.

Hanya saja, tetap ada pengecualian, khususnya bagi mereka yang sudah memiliki kadar kolesterol cukup tinggi, diatas 240 mg/dl, atau mereka yang bertekanan darah tinggi dan diabetes. Batasan asupan harian kolesterol diturunkan menjadi 200 mg.

Untuk kalangan khusus ini, sebaiknya pilih telur berukuran sedang atau kecil. Dan, jangan lupa untuk memangkas kolesterol dari makanan lainnya. Beres kan?

Sumber : Warta Kota, 17 Januari 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar