Selasa, 19 Januari 2010

Makanan penangkal Flu

Ada banyak cara untuk menghindari penularan virus influenza. Anda bisa memulainya dengan kebiasaan mencuci tangan, berolahraga teratur, hingga berusaha mendapatkan waktu istirahat yang cukup.

Namun, itu saja ternyata tidak cukup. Anda juga dapat mengonsumsi sejumlah makanan dan minuman yang bermanfaat untuk meningatkan kekebalan tubuh. Apa sajakah jenis-jenis makanan yang bisa membantu tubuh lebih tahan infeksi bibit penyakit itu? Berikut ini saran ahli gizi Amanda MacMillan dan Tamara Schryver RD, seperti dikutip dari situs Health24.com:

1. Yoghurt

Studi dari University of Vienna, Austria, menemukan bahwa minuman dua kemasan (sekitar 200 ml) yoghurt per hari sama efektifnya dengan konsumsi obat. Penelitian selama 80 hari di Swedia terhadap 181 pekerja pabrik yang diberi minuman probiotik yang mengandung lactobacillus menunjukkan penurunan jumlah hari sakit sebanyak 33 persen.


2. Bawang putih

Biarpun nggak semua orang tahan baunya, tapi bawang putih mengandung allicin aktif yang membuat tubuh bisa melawan infeksi dan bakteri. Studi lain menunjukkan, mereka yang makan bawang putih sedikitnya 6 siung per pekan memiliki resiko kanker usus 30 persen lebih rendah, begitu juga dengan resiko kanker lambung turun 50 persen. Jadi, makan setidaknya 2 siung bawang putih mentah per hari, atau selalu tambahkan geprakan bawang putih pada setiap masakan anda.

3. Ikan

Orang takut makan kerang, lobster, atau kepiting karena kolesterol. Padahal makanan laut mengandung selenium yang sangat kaya, itulah zat yang membantu sel darah putih menghasilkan sitokin protein yang bertugas mengusir virus flu dari tubuh. Ikan-ikan seperti salmon, makarel, dan hering juga baik dikonsumsi karena banyak mengandung lemak omega-3, yang membantu mengurangi pendarahan, mempelancar aliran darah, dan melindungi paru dari infeksi. Konsumsi makanan laut setidaknya dua kali dalam sepekan.

4. Jamur

Penelitian terkini menunjukkan, jamur meninggkatkan produksi dan aktivitas sel darah putih, dan membuatnya lebih agresif. “ini tentu sesuatu yang baik untuk dikonsumsi, khususnya ketika sedang mengalami infeksi virus,” Douglas Schar, DipPhyt, MCPP, MNIMH, Direktur Institude of Herbal Medicine in Washington DC.

Namun diluar empat jenis makan itu masih ada daging sapi yang kaya akan zink, serta sup ayam, teh dan gandum butir yang juga baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Nah, anda tinggal mengombinasikan berbagai jenis nutrisi tersebut untuk mendapatkan hasil terbaik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar